Mengenal Lebih Dalam tentang Rockfield Studios

Musik menjadi salah satu hal yang tidak terpisahkan oleh manusia. Dengan adanya musik, orang – orang dapat mengekspresikan apa yang mereka pikirkan dan rasakan lewat lagu. Oleh karena itu, ada banyak musisi yang kemudian mengaransemen lagu sedemikian rupa sehingga pesan dari lagu tersebut dapat disampaikan serta dinikmati oleh orang – orang. Untuk membuat lagu dan mengaransemen musik, tentu seorang musisi membutuhkan fasilitas yang mendukung. Salah satunya adalah studio rekaman. Umumnya, studio rekaman dibutuhkan ketika para musisi menyanyikan lagu mereka dan membuatnya dalam bentuk tape maupun CD. Oleh karena itu, keberadaan studio rekaman sangatlah penting.

Selain itu, studio juga dibutuhkan oleh para musisi ketika mereka ingin mengaransemen musik yang pas sesuai dengan lagu yang mereka bawakan. Beberapa studio musik dilengkapi dengan instrumen musik yang canggih dan berkelas. Sehingga, para musisi bisa menciptakan lagu dengan sangat baik. Hal inilah yang membuat keberadaan studio menjadi sangat krusial dalam proses penciptaan dan rekaman lagu. Saat ini memang terdapat banyak studio yang bisa digunakan untuk merekam dan membuat lagu. Akan tetapi, ada baiknya masyarakat mengetahui beberapa studio lama yang mempunyai sejarah panjang dalam dunia musik. Sehingga, mereka bisa menghargai keberadaan studio musik tersebut. Salah satu studio dengan sejarah panjang adalah Rockfield Studios. Studio ini telah menjadi salah satu studio legendaris bagi banyak band dan kelompok musik di beberapa tahun lalu. Saat ini, studio Rockfield dibuka untuk umum dimana para pengunjung bisa menjelajahi ruangan yang bersejarah yang digunakan oleh para musisi.

Sejarah Terbentuknya Rockfield Studios

Mengenal Lebih Dalam tentang Rockfield Studios

Studio Rockfield merupakan salah satu studio rekaman yang sudah dibuka sejak tahun 1965. Studio ini terletak di desa Rockfield, Monmouthshire, Wales. Awalnya, Studio Rockfield merupakan sebuah studio kecil yang dibuka pada daerah residential. Akan tetapi, setelah mengalami banyak kemajuan dan beberapa masalah finansial, saat ini studio Rockfield menjadi salah satu studio rekaman terbaik dan dilengkapi dengan fasilitas yang sangat baik. Lantas, bagaimana dengan sejarah terbentuknya studio Rockfield?

Pendirian Rockfield Studios tidak terlepas dari peran penting kedua kakak beradik dari keluarga Ward yaitu Kingsley Ward dan Charles Ward. Awalnya, keluarga Ward pindah ke sebuah desa pada tahun 1950-an yaitu desa Rockfield. Di sana, keluarga Ward memiliki peternakan babi dan sapi perah. Setelah itu, kedua anak mereka yaitu Kingsley dan Charles bersekolah di Abergavenny Grammar School. Kecintaan kedua saudara tersebut terhadap musik terlihat ketika Charles tertarik untuk memainkan beberapa lagu dari Elvis Presley yang merupakan salah satu musisi terkenal di dunia di genre rock. Charles memainkan lagu tersebut dengan menggunakan gitar akustik. Selanjutnya, kedua kakak beradik tersebut membentuk sebuah grup band yang mereka beri nama A Little Rock Group dimana beberapa lagu ditulis secara langsung oleh Kingsley. Selanjutnya, mereka merekam sendiri lagu mereka dengan menggunakan tape deck. Setelah bertemu dengan George Martin, seorang produser musik, secara tidak sengaja, kedua kakak beradik memutuskan untuk membuat sebuah studio musik di rumah mereka pada tahun 1963. Awalnya, mereka hanya menggunakan 8-track tape. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan studio rekaman tersebut, mereka berhasil menjadi studio residential pertama di dunia pada tahun 1965. Selain itu, untuk memberikan pelayanan kepada para musisi yang datang, Studio Rockfield juga menyediakan beberapa akomodasi yang membuat musisi bisa tinggal sejenak di Studio Rockfield tersebut.

Ada banyak musisi dan band yang datang untuk rekaman di Studio Rockfield. Salah satunya adalah Dave Edmunds dengan lagunya I Hear You Knocking. Ia melakukan rekaman di Studio Rockfield pada tahun 1970. Selain itu, Studio Rockfield juga menerima rekaman lagu dari Budgie, Hawkwind, Peter Hammill, Queen, Motorhead, dan Cyril Jordan. Meskipun begitu, Studio Rockfield juga sempat mengalami masalah finansial setelah banyaknya kompetitor yang muncul. Selain itu, perkembangan teknologi juga menjadi salah satu masalah yang pernah mendera studio ini sebelum akhirnya diselamatkan oleh seorang produser rekaman, John Leckie, yang juga teman dari Kingsley Ward.

Apa Saja Fasilitas yang Ada di Studio Rockfield?

Rockfield Studios

Sebagai sebuah studio rekaman terbaik di dunia, Rockfield Studios juga memiliki beberapa fasilitas terbaik yang bisa dinikmati oleh musisi dan band yang datang. Salah satu fasilitasnya adalah The Coach House Studio yang diperuntukkan khusus untuk rekaman band. Studio ini dibangun pada tahun 1968. Saat ini, The Coach House dilengkapi dengan instrumen musik akustik, Yamaha Grand Piano, drum, dll. Sementara itu, studio lainnya adalah The Quadrangle Studio yang juga diperuntukkan untuk rekaman band. Studio ini dibangun pada tahun 1973. Ada beberapa fasilitas yang tersedia seperti area untuk rekaman live, Bosendorfer piano, ruangan untuk drum akustik, dll. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *