Mengenal Lebih Jauh Tentang Trident Studios

Studio rekaman merupakan salah satu hal yang paling penting dalam industri musik. Hal ini dikarenakan studio rekaman digunakan sebagai tempat rekaman bagi para musisi yang ingin mengeluarkan album dan single lagu mereka dalam bentuk digital maupun album fisik. Oleh karena itu, untuk menghasilkan suara musik dan nyanyian yang jernih, studio rekaman harus dibuat dengan menggunakan berbagai macam peralatan musik dan sistem kontrol dengan kualitas terbaik. Hal inilah yang membuat musisi harus memilih studio rekaman terbaik.

Beberapa studio rekaman bahkan telah didirikan selama beberapa dekade. Sehingga, studio rekaman tersebut tidak hanya menawarkan fasilitas yang bagus akan tetapi juga sejarah yang panjang dari tempat studio rekaman tersebut dan juga musisi yang pernah melakukan rekaman di tempat tersebut. Salah satu studio rekaman dengan sejarah yang panjang adalah Trident Studios. Studio rekaman ini telah dibuka sejak tahun 1968. Pada awalnya, studio ini berlokasi di 17 St Anne’s Court, London’s Soho district. Hal ini berlangsung mulai dari tahun 1968 hingga 1981. Studio Trident dibangun oleh Norman Sheffield dan saudara laki – lakinya Barry Sheffield. Norman Sheffield sendiri merupakan seorang drummer dari grup band The Hunters yang terkenal pada tahun 1960-an.  

Beberapa Artis dan Musisi yang Rekaman di Trident Studios

Mengenal Lebih Jauh Tentang Trident Studios

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Trident Studios telah digunakan oleh banyak musisi dan grup band yang ingin melakukan rekaman. Mengapa? Ada beberapa hal yang melatarbelakanginya. Salah satunya adalah fasilitas yang disediakan oleh studio rekaman ini. Selain itu, sebagai pengembang studio rekaman Trident, kakak beradik Sheffield memiliki sikap bekerja yang baik dan hangat. Sehingga, orang – orang yang bekerja dengan mereka mendapatkan lingkungan kerja yang baik. Selain itu, standar kualitas dari teknik audio, instrumen, serta rekaman yang dihasilkan juga dijaga sangat baik. Hal inilah yang membuat studio Trident menjadi pilihan terbaik bagi para musisi dan grup band. 

Salah satu musisi atau grup band yang melakukan rekaman di studio rekaman Trident adalah The Beatles and Apples Records. Salah satu alasan yang melatarbelakangi The Beatles untuk memilih studio musik Trident adalah adanya teknologi yang mereka gunakan saat itu cukup canggih. Hal ini berlangsung pertama kali pada tahun 1968 dimana The Beatles melakukan rekaman untuk lagu mereka yang berjudul Hey Jude. Saat itu, studio rekaman Trident sudah menggunakan teknologi Dolby Noise Reduction untuk mengurangi suara noise serta eight track reel to reel. Hal ini membuat kualitas rekaman lagu yang dihasilkan menjadi sangat baik. Selain melakukan rekaman untuk lagu Hey Jude, The Beatles juga melakukan rekaman untuk lagu lainnya yaitu Dear Prudence, martha My Dear, Honey Pie, dan Savoy Truffle pada tahun 1968. Sedangkan pada tahun 1969, The Beatles melakukan rekaman untuk lagu I Want You (She’s So Heavy), Cold Turkey, My Sweet Lord, It Don’t Come Easy, dan Without You. 

Musisi lain yang juga melakukan rekaman di studio rekaman Trident adalah Queen. Bahkan, jika ditilik lebih jauh, lahirnya Queen tidak lepas dari campur tangan Trident. Awalnya, Queen merupakan sebuah band yang tidak memiliki manajemen. Hingga, pada tahun 1972, mereka menandatangani perjanjian kerjasama dengan studio rekaman Trident. Sehingga, Queen kemudian membuat rekaman beberapa lagu untuk album mereka yang pertama secara penuh dengan studio rekaman Trident. Akan tetapi, meskipun album lagu sudah selesai dibuat, tidak ada produser yang mau membantu perilisan album tersebut. Hal ini membuat manajemen dari studio Trident memutuskan untuk merilis album Queen dengan menggunakan biaya mereka sendiri. Selain itu, Trident juga menggandeng beberapa live recording company seperti EMI Records dan Elektra Records. 

Salah satu hal menarik dari studio rekaman Trident adalah kualitas suara piano yang dihasilkan. Beberapa lagu menggunakan suara piano dari Trident dan memiliki hasil yang sangat baik seperti Your Song oleh Elton John, The Right Thing To Do milik Carly Simon, dll. Akan tetapi, studio rekaman Trident akhirnya dijual pada tahun 1981. pembelinya adalah Stephen Short yang juga merupakan teknisi senior. Dengan bantuan investor lainnya, Trident akhirnya membuka versi kedua pada tahun 1983. 

Beberapa Judul Lagu yang Direkam di Studio Rekaman Trident

Trident Studios telah melayani banyak musisi yang menghasilkan banyak judul lagu. Sebagai contoh lagu Whatever’s for Us yang dinyanyikan oleh Joan Armatrading. Lagu lainnya adalah The Road Is No Place for a Lady yang dibawakan oleh Cass Elliot. Sementara itu, The Rolling Stones juga melakukan rekaman beberapa lagu di Trident seperti Midnight Rambler dan Let It Bleed. Lagu lainnya adalah Crime of the Century yang dibawakan oleh Supertramp. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *