Menelisik Sejarah Perkembangan Dodd’s Studio One

Lagu dan musik yang saat ini didengarkan oleh sebagian besar masyarakat di negara manapun merupakan sebuah hasil karya dari para musisi dan band. Mereka mencoba menyampaikan pesan melalui musik tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Sehingga, orang yang mendengarkannya mengerti dan menerima pesan tersebut. Musik dan lagu tersebut dapat didengarkan oleh masyarakat di seluruh dunia karena telah direkam dan didistribusikan baik dalam bentuk digital, album CD, maupun tape musik. Oleh karena itu, semua masyarakat bisa mendengarkan musik dan lagu dengan mudah.

Untuk membuat musik ke dalam sebuah rekaman, tentunya para musisi membutuhkan studio rekaman yang memadai. Hal ini dikarenakan studio rekaman tersebut yang nantinya menentukan kualitas dari rekaman musik. Oleh karena itu, para musisi tentu akan memilih studio rekaman dengan fasilitas terbaik. Salah satunya adalah Dodd’s Studio One. Studio rekaman ini juga seringkali disebut dengan nama Studio One yang merupakan salah satu studio rekaman terbaik yang ada di Jamaika. Sehingga, seringkali Studio One dijuluki Motown of Jamaica. Studio One telah beroperasi cukup lama yaitu mulai dari tahun 1960-an. Ada banyak musisi dan band dengan berbagai genre musik yang telah melakukan rekaman di Studio One. Maka, tak heran hingga saat ini, Studio One masih menjadi salah satu studio musik terbaik di Jamaika. Lantas, bagaimana awal mula berdirinya Studio One? Berikut ini penjelasan singkat tentang sejarah Studio One.

Sejarah Singkat Dodd’s Studio One

Menelisik Sejarah Perkembangan Dodd’s Studio One

Menilik sejarah Dodd’s Studio One tidak bisa dipisahkan dari pendirinya yaitu Clement “Coxsone” Dodd. Pada tahun 1954, Clement Dodd mendirikan Studio One. Akan tetapi, rekaman pertama yang dilakukan baru pada tahun 1963. Saat itu, rekaman pertama dilakukan oleh Theophilus Beckford, Clue J, His Blues Blaster dengan lagu mereka yang berjudul This Man is Black. Rekaman pertama dilakukan di Brentford Road in Kingston. kemudian, Clement Dodd membentuk sebuah band baru yang bernama Soul Brothers pada tahun 1965 – 1966. Band baru itu merupakan kelanjutan dari The Skatalites yang pecah pada 1965. Pada tahun 1967, Soul Brothers kemudian diganti namanya menjadi Soul Vendors. Nama ini kemudian berubah kembali menjadi Sound DImension.

Studio One juga pernah digunakan oleh penyanyi Bob Marley, Burning Spear, Rita Marley, dll pada tahun  1965 hingga 1968. Akan tetapi, pada tahun 1968, beberapa musisi yang sebelumnya melakukan rekaman di Studio One meninggalkan studio tersebut seperti Brian Atkinson, Jackie Mittoo, dan Joe Isaacs. Kemudian, Studio One yang sebelumnya berlokasi di Jamaika akhirnya dipindahkan ke New York City pada tahun 1980. Hal ini dikarenakan Clement Dodd pindah ke New York. Sehingga, mau tidak mau Studio One harus direlokasi ke New York. 

Secara umum, sudah ada banyak musisi yang telah melakukan rekaman di Studio One. Beberapa diantaranya adalah The Skatalites, The Ethiopians, Bob Marley and the Wailers, Lee “Scratch” Perry, Burning Spear, Horace Andy, Wailing Souls, Marcia Griffiths (of the I-Threes), The Abyssinians, Soul Vendors, Lone Ranger, Culture, Dennis Brown, Toots & the Maytals, John Holt, Ken Boothe, Freddie McGregor, Michigan & Smiley, Jackie Mittoo, Dillinger, Delroy Wilson, Heptones, Johnny Osbourne, Sugar Minott, Gladiators, Carlton and The Shoes, Willi Williams, Judah Eskender Tafari, dan Alton Ellis. 

Album yang Dijual di Studio One

Dodd's Studio One

Saat ini, Dodd’s Studio One tengah menjual beberapa album yang telah diproduksi di studio rekaman tersebut. Masyarakat di seluruh dunia bisa membelinya melalui website resmi mereka. Dalam setiap album, ada beberapa lagu yang bisa didengarkan. Oleh karena itu, bagi para penggemar musik dari Studio One tentu hal ini menjadi salah satu angin segar.

Salah satu album yang digemari oleh masyarakat adalah Various Artists – Coxsone Dramatic and Music Centre – LP. beberapa contoh lagu diantaranya adalah Beeston Street Riff yang dinyanyikan oleh Clue K & The Blue Blasters, I’ve Done You Wrong yang dinyanyikan oleh The Blues Busters, I Love You yang dinyanyikan oleh Zoot Simms & Arthur Robinson, My heart yang dinyanyikan oleh The Charmers, dll. 

Album lainnya adalah The Original Skatalites and Friends – Ska Authentic. Album ini berisi beberapa lagu dari The Skatalites. Beberapa contoh lagu diantaranya adalah Freedom Sounds yang dinyanyikan oleh Tommy McCook, Full Dread yang dinyanyikan oleh Roland Alphonso, Turn Your Lamp Down Low yang dinyanyikan oleh Jackie Opel, Rolling Down yang dinyanyikan The Gaylads, dll. 

Masyarakat juga bisa memilih album lainnya yaitu Freddie McGregor – Bobby Bobylon: Deluxe Edition. Lagu yang bisa dinikmati adalah Bandulo, We Need More Love, What Difference Does It Make, Go Away Pretty Girl, dll. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *